Senin, 18 Juni 2012

Evaluasi PBA- Penilaian Berbasis Kelas

الإختبار المتأسس على الفصل(الإختبارالوقعي)
PENILAIAN BERBASIS KELAS(Penilaian Autentik)
Classroom Based Assassement(Authentic Assessment)

ATIK ANJANI RAHMAH
09330116





















Dalam sebuah sistem pembelajaran evaluasi pembelajaran terletak sebagai berikut


Dalam evaluasi biasanya yang terekam adalah hanya ranah KOGNITIF saja

Untuk ranah yang lain belum memiliki porsi yang sempurna dalam evaluasi, maka Sistem penilaian berbalis kelas muncul untuk menangani masalah ini.
1. Pengertian PBK
Penilaian berbasis kelas adalah penilaian dalam arti "assessment". Maksudnya, data dan informasi dari penilaian berbasis kelas merupakan salah bukti yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program pendidikan. Wujud nyata Penilaian berbasis kelas yaitu proses pengumpulan , pelaporan, dan penggunaan data informasi tentang hasil belajar siswa untuk menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan siswa terhadap tujuan pendidikan(SK,KD,Indikator). Dalam implementasinya guru menerapkan prinsip penilaian berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. PBK mengidentifikasi pencapaian kompetensi dan hasil belajar melalui pernyataan yang jelas tentang standar yang harus dan telah dicapai disertai dengan peta kemajuan belajar siswa dan pelaporan.
Unsur PBK
a. Penilaian prestasi belajar(Penilaian berdasar hasil tes)
b. Penilaian Kinerja(Penilaian praktek)
c. Penilaian Alternatif (Penilaian Tes+praktek)
d. Penilaian Autentik(Penialaian yang berdasarkan kemampuan nyata, bukan dalam kelas saja)
e. Penilain Portofolio(Penilaian berdasar kumpulan hasil kerja dari waktu ke waktu)
2. Tujuan dan Fungsi PBK
Tujuan
Tujuan umum: Memberikan penghargaan terhadap pencapaian hasil belajar siswa dan perbaikan program dan kegiatan pembelajaran.
Tujuan Khusus;
- Mengetahui informasi tentang hasil belajar siswa secara individual.
- Informasi dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar.
- Informasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik, menetapakn remedial, pendalaman atapaun pengayaan.
- Merangsang untuk melakukan usaha pemantapan atau perbaikan.
- Informasi semua aspek peserta didik.
- Bimbingan memilih sekolah/jabatan yang sesuai dengan keterampilan, minat dan kemampuannya.
- Sebagai umpan balik siswa dalam meningkatkan usaha belajarnya
- Sebagai umpan balik bagi dosen akan perkuliahan yang dilakukannya
- Untuk menjamin akuntabilitas proses pembelajaran
- Untuk memotivasi siswa
- Untuk mendiagnosis kekuatan dan kekurangan siswa

Fungsi
- Membantu siswa mengembangkan dirinya.
- Membantu siswa mendapat kepuasan atas apa yang dikerjakannya.
- Membantu menetapkan apakah strategi, metode,dan media mengajar yang digunakannya telah memadai
- Membantu guru dalam membuat pertimbangan dan keputusan administrasi.

3. Objek PBK
a. Penilaian kompetensi dasar mata pelajaran
Pengetahuan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah siswa menyelesaikan suatu aspek atau subjek mata pelajaran tertentu.
b. Penilaian kompetensi rumpun pelajaran
Pengetahuan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah siswa menyelesaikan rumpun pelajaran.
c. Penilaian kompetensi lintas kurikulum
Pengetahuan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang mencakup kecakapan belajar sepanjang hayat dan kecakapan hidup melalui pengalaman belajar secara berkesinambungan. Penilaian ini diambil dari setiap rumpun pelajaran dalam kurikulum.
d. Penilaian kompetensi tamatan.
Pengetahuan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak peserta didik setelah menyelesaikan jenjang tertentu.
e. Penilaian terhadap pencapaian keterampilan hidup. Hal ini mencakup keterampilan personal, keterampilan berpikir rasional, keterampilan sosial, keterampilan akademik, keterampilan vakasional.

4. Domain dan Alat

a. Kognitif(Tingkat hafalan, tingkat pemahaman, tingkat analisis, tingkat sintesis, tingkatan evaluasialat---alat tesnya, tes lisan, tes tulis, portofolio)
Tingkatan Kognitif menurut Bloom yaitu

b. Psikomotor(Tingakatan penguasaan gerak awal, gerakan semirutin, gerakan rutin---alat tesnya , tes simulasi)

c. Afektif(respon atas nilai, menilai, mempraktikan norma----pengamatan guru atas sikap siswa)

5. Prinsip PBK
a. Valid(alat ukur sesuai dengan apa yang diukur)
b. Mendidik(mendidik orientasi belajar bukan pada nilai,guru memberi penghargaan atas usaha murid, bukan hasil. memotivasi, membangkitkan semangat)
c. Berorientasi pada kompetensi(penialaian ini bertujuan membantu siswa mencapai standar kompetensi)
d. Adil dan objektif(tidak membeda-bedakan siswa)
e. Terbuka(tidak rahasia, dapat diakses semua pihak)
f. Berkesinambungan(dilakukan dari awal sampai akhir pembelajaran, terncana dan bertahap, bukan hanya dari frekuensi penilian tapi juga dari kompetensi yang harus dikuasai siswa)
g. Menyeluruh(Seluruh domain penilaian, jenis prosedur dan teknik penilaian, harus dicakup, utuh dan tuntas)
h. Bermakna(penilaian harus memberikan makna kepada berbagai pihak untuk melihat tingkat perkembagan siswa)
6. Manfaat PBK
a. Bagi siswa
- Memantau hasil kompetensi secara utuh baik pengetahuan, keterampilan dan sikap.
b. Bagi guru
- Mengetahui kemajuan, mendiagnosis kesulitan belajar.
- Umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Memotivasi siswa
c. Bagi orang tua
- Mengetahui kekurangan dan kelebihan anaknya
- Mengetahui prestasi anak
- Komunikasi dengan pihak sekolah.
7. Jenis PBK
- Tes Tertulis
- Tes Perbuatan(Pengamatan perilaku peserta didik)
- Pemberian Tugas
- Penilaian proyek(penilaian terhadap tugas dalam waktu tertentu )
- Penilaian produk(penilaian terhadap penguasaan keterampilam siswa dalam membuat suatu produk, mencakup pemilihan alat dan kualitas teknik muapun estetik)
- Penilaian sikap(sikap siswa terhadap berbagai hal di lingkungan belajarnya, terhadapa guru, tugas, materi pelajaran. Dapat diketahui dengan observasi langsung, laporan pribadi, dll)
- Penilaian Portofolio(penilaian terhadap sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis, terorganisasi dan diambil slama proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu)
- Kuis
- Pertanyaan Lisan
- Tugas Individu
- Tugas Kelompok
- Ulangan Semester
- Ulangan Kenaikan
- Laporan praktikum
- Responsi atau ujian praktik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUPERIORITAS PRIA,INFERIORITAS WANITA

                                                                  “Wanita adalah lentera-lentera jiwa, meski cahayanya tak sebenderang pur...